Home / Teknologi / Jual Solar Panel Indonesia: Sistem Pemasangan Panel Surya

Jual Solar Panel Indonesia: Sistem Pemasangan Panel Surya

panel suryaJual sel surya di Indonesia untuk menghemat listrik hingga 3,5 kWh per hari. Energi listrik yang dapat dihasilkan oleh panel surya berkapasitas 1kWP dengan sinar matahari normal sama dengan besarnya energi listrik PLN yang dikonsumsi selama 8 jam per hari. Sehingga pemasangan solar panel dapat memotong anggaran yang dipakai untuk membayar tagihan listrik per bulan.

Harga solar panel di dunia mengalami penurunan hingga 30% dalam kurun 3 tahun. Pada awalnya harga panel surya adalah USD 1.500/kWP, namun saat ini harga di pasaran berada di kisaran USD 1.000/kWP. Apabila ditambah dengan jasa pemasangan dan perawatan, maka harga total instalasi panel surya berkisar antara 14 juta – 15 juta rupiah. Jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan keuntungan investasi jangka panjang yang diperoleh dari pemasangannya. Terlebih lgi dengan biaya listrik PLN per tahun yang cenderung mengalami kenaikan.

Sistem Panel Surya

Dilihat dari keberadannya, sistem pembangkit listrik tenaga surya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

  1. Off-grid sytem

Merupakan sistem pembangkit listrik pada daerah – daerah terpencil dimana pasokan listrik PLN belum tersedia atau sangat terbatas. Karena sistem ini sepenuhnya mengandalkan tenaga matahari, maka sering disebut dengan stand-alone PV system. Besarnya energi listrik yang dihasilkan bergantung pada modul – modul sel surya yang terangkai dalam panel surya.

Contoh penggunaan off-grid system dapat dilihat pada penerangan jalan umum dengan tenaga surya dan pemasangan lampu APILL bertenaga surya di beberapa jalan raya di pulau Jawa dan sekitarnya.

  1. On-grid system

Sistem ini merupakan sistem yang umum dipakai dalam usaha penghematan penggunaan listrik PLN. Dengan sistem ini akan dihasilkan energi listrik yang bebas emisi sehingga penggunaan listrik dari PLN dapat ditekan seminimal mungkin. Sebagai tenaga terbaharukan, energi listrik yang dihasilkan juga bersifat ramah lingkungan.

  1. Hybrid system

Sistem ini mempergunakan beberapa tenaga sekaligus. Biasanya merupakan kombinasi dari PLTS, PLTA, dan genset berbahan bakar solar. Sering dipergunakan di daerah – daerah yang sulit untuk dijangkau sambungan listrik PLN. Tenaga yang berasal dari alam seperti angin, air, dan matahari berperan sebagai penghasil listrik primer. Sementara genset merupakan penghasil listrik sekunder karena bahan bakar yang diperlukannya.

Setiap sistem dalam panel surya yang disediakan memiliki keuntungan dan kelebihan masing – masing. Pada sistem off-grid misalnya, sel – sel surya yang dibutuhkan harus dalam jumlah yang banyak mengingat kebutuhan listrik sepenuhnya bergantung pada tenaga yang dihasilkan oleh sinar matahari. Sementara pada sistem hybrid, panel surya harus dapat dikombinasikan dengan pembangkit listrik. Sementara penggunaan genset akan sangat bergantung pada ketersediaan bahan bakar. Sistem panel surya yang di jual solar panel Indonesia dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

About admin s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *