Home / Tips Bisnis / Dunia Percetakan: Apa itu Percetakan Konvensional?

Dunia Percetakan: Apa itu Percetakan Konvensional?

Di zaman ini, yang namanya percetakan sudah menjadi norma. Percetakan bisa digunakan untuk banyak hal, yang dimana contoh kegunaannya adalah: menyampaikan informasi (dalam bentuk koran biasanya, tapi majalah kadang juga bisa dijadikan media informasi), menyampaikan aspirasi (rubrik opini di koran atau majalah yang seringkali jadi tempat rakyat menampung aspirasi), dan menjadi media entertainment (bahkan di dalam koran tidak semua isinya berita melulu. Pasti kalian tahu yang namanya teka-teki silang ‘kan?).

Memang sih di jaman ini percetakan tradisional itu seringkali dikesampingkan demi ‘percetakan’ yang lebih modern dan lebih ‘hits’ ala-ala e-book atau e-magazine (penulis sendiri juga kurang tahu sih kalau jenis-jenis e-book itu masih bisa dibilang percetakan atau bukan, tapi ya sudahlah ya), tapi hal ini bukan berarti kalian harus melupakan pentingnya percetakan konvensional (tapi tidak se-konvensional yang kayak di tahun 1440 ya). Contohnya percetakan box packaging, undangan, hard cover, yang hingga sekarang masih banyak dipakai jasanya.

Percetakan konvensional di zaman ini hampir dibuat tidak relevan dengan munculnya teknologi baru, tapi bukan berarti percetakan harus dilupakan begitu saja. Walaupun memang teknologi baru itu membuat segalanya jadi lebih efisien, ada beberapa kelemahan di balik buku digital itu sendiri jika dibandingkan sama buku kertas. Apa saja kelemahan itu?

Lebih ber-radiasi: lebih berbahaya buat kesehatan

Kalian pasti tahu kalau teknologi zaman ini dipenuhi radiasi. Kalau kalian bawa handphone kalian, kalian bakalan kena radiasi. Kalau kalian dengerin lagu lewat headset kalian yang harganya hampir sama kayak beli nasi padang puluhan bungkus, kalian bakal kena radiasi. Kalau kalian melihat wc duduk yang otomatis (tahu kan wc duduk yang ada komputernya itu?), kalian duduk di atas benda itu saja kalian bakal kena radiasi.

Kalau kalian baca buku digital, kalian pasti membawa benda elektronik buat bacanya. Itu dia tuh yang bikin radiasi. Radiasi itu, seberapa pun kecil jumlahnya, tidak bakalan jadi hal baik buat tubuh kalian. Kalau kalian baca buku cetak, otomatis tidak akan ada pemancar radiasi di sekalian kalian. Bagus? Oh iya dong.

Tidak bisa dijadikan suatu bagian dari ruangan

Kalian bisa menjadikan buku cetak sebagai suatu hiasan untuk rumah kalian. Coba deh kalian jadikan buku cetak kalian sebagai bagian dari rumah kalian, dan mungkin saja rumah kalian bakal kelihatan lebih keren atau gimana lah setelah kalian jadikan salah satu buku kalian sebagai hiasan. Bahkan box packaging bisa menjadi bahan dekorasi rumah, apalagi kalau dari percetakan yang berkualitas.

‘Mau bikin kayak begitu tapi cuma punya e-book.

Yah, kalau e-book susah diubah jadi dekorasi. Cetak buku dulu gih.

Yang paling penting: tidak bisa dikasih tanda tangan sama penulisnya

Ini dia nih yang paling penting dari ketiga alasan. Bayangkan kalian suka sama suatu penulis buku. Si penulis buku ini bikin roadshow di kota kalian. Tapi kalian cuma punya e-book bukunya dia. Kalian mau gadget kalian ditandatanganin?

Nah, setelah kalian tahu betapa pentingnya dunia percetakan buat penyebaran kreatifitas dan informasi bagi orang-orang, sudah sewajarnya dong kalau kalian harus memanfaatkan bisnis percetakan konvensional sebaik-baiknya. Mau bisnis apapun pasti perlu percetakan box packaging yang berkualitas untuk memastikan produk dikemas secara baik.

About admin s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *