Home / Teknologi / Panel Surya: Pengertian dan Cara Kerja

Panel Surya: Pengertian dan Cara Kerja

Panel surya merupakan suatu alat yang mampu menangkap dan mengubah energi matahari menjadi aliran listrik. Banyak orang masih bingung bagaimana cara panel surya sehingga mampu menghasilkan aliran listrik tanpa bantuan listrik dari PLN. Nah kali ini kita akan mengulik lebih jelas mengenai panel surya dan cara kerjanya.

Pengertian Panel Surya

Panel surya adalah sebuah perangkat yang dirakit dan dirancang sedemikian rupa dengan menggunakan sel-sel fotovoltaik sehingga mampu mengubah sinar matahari menjadi listrik. Dengan adanya panel surya kita dapat sedikit mengirangi beban listrik kita dan juga kita dapat menjaga lingkungan dari polusi karena panel ini bekerja dalam diam secara otomatis. Panel surya dapat dengan mudah anda perloreh di pasaran. Hal yang menariknya, sebuah panel surya emmiliki umur yang panjang yakni berkisar antara 20 sampai 30 tahun tanpa mengalami penurunan efisiensi. Anda pasti sering bertanya mengapa kita harus beralih ke panel surya, perlu anda ketahui panel surya tidak memancarkan emisi gas rumah kaca tidak seperti bahan bakar fosil, oleh karenanya penggunaan panel surya tidak akan berdamak pada perubahan iklim dan pemanasan global. Dengan panel surya kita dapat memeproleh aliran listrik dari energi yang paling berlimpah yang pernah ada, yaitu dari matahari.

Cara Kerja Panel Surya

Panel surya ini hanya dapat menghasilkan energi listrik pada saat alat tersebut disinari oleh matahari saja dengan menggunakan solusi photovoltaik. Energi yang di produksi oleh panel surya dapat digunakan secara langsung pada saat siang hari ataupun dapat disimpan dengan menggunakan baterai. Anda dapat memanfaatkan aliran listrik ini untuk berbagai keperluan harian anda, baik itu untuk menyalakan lampu, menghidupkan tv, radio dan lain sebagainya.  Waktu yang dibutuhkan oleh panel surya untuk  menyerap energi matahari  adalah sekitar 5 jam perharinya yakni ketika matahari berada di puncak penyinarannya.

Dalam menempatkan panel surya anda harus memperhatikan arahnya, pastikan posisi panel menghadap langsung ke matahari agar proses penyerapan energi berjalan dengan optimal. Untuk pemeliharaannya, panel surya tidak membutuhkan perawatan yang ribet, karena keseluruhan strukturnya tidak ada yang bergerak. Satu-satunya hal yan wajib selalu anda perhatikan adalah anda harus selalu mengawasi panel surya agar tidak ada penghalang yang menutupi sinar mata hasi sampai ke panel surya.

Pada dasarnya sat ini belum banyak orang yang menggunakan panel surya, hal ini dikarenakan penggunaan panel surya masih dianggap mahal daripada bahan bakar fosil. Mereka seakan tidak peduli dengan efek dari penggunaan bahan bakar fosil yang akan dirasakannya kelak. Itlah sedikit info penting mengenai kegunaan panel surya dan cara kerjanya, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *